Sunday, January 11, 2015

Dateng Juga ke Doraemon Gadget Expo (Jakarta)

SEKILAS INFO : Kunjungi blog saya yang baru di myeatandtravelstory.wordpress.com yaaa. Di sana, kulinernya diupdate terus...


Akhirnya! Yak, betul, akhirnya! Soalnya keinginan untuk dateng ke 100 Doraemon Secret Gadget Expo ini mengalami berkali-kali pasang surut. Awalnya saya ngebet banget mau ke sini. Secara saya udah baca komik-komiknya, nonton film-filmnya, masak sih ga dateng? Tapi terus gara-gara baca review orang-orang yang pada bilang pamerannya biasa aja akhirnya saya memutuskan ga jadi dateng. Saya mikir, "Ya udah lah, seengganya nonton aja, ga usah dateng ke pamerannya, lagian tiketnya mayan mahal." Tapi terus gara-gara sekeluarga saya dateng ke Jakarta buat menghadiri acara syukuran sunatan anak paman, akhirnya setelah acara selesai, saya ama adik-adik saya merencanakan pergi ke sini. Pameran ini sendiri diadain cukup lama, yaitu selama 100 hari dari 28 November 2014 sampe 8 Maret 2015. Ticketing bukan jam 10 pagi tapi tutup jam 8 malem, yang tutup jam 10 malem itu pamerannya.


Terus gimana? Emangnya jelek? Ngga juga. Saya yakin ga ada yang bilang jelek. Cuma aja, tiket seharga 90 ribu terasa agak mahal. Orang bilang : not worth the price. Ditambah lagi ternyata Ancol Beach City Lifestyle Mall yang menjadi lokasi diadakannya pameran ini terletak di dalam area Taman Impian Jaya Ancol. Akibatnya, kamu otomatis mesti beli tiket masuk Ancol yang tarifnya 25 rebu rupiah per kepala (berasa serem). Belum lagi, ternyata harga tiket yang udah mahal itu, belom termasuk pajak sebesar 10% sehingga totalnya jadi 97 ribu rupiah. Ya udahlah, demi kamu Doraemon...


HATI-HATI, PENJELASAN BERIKUT INI MENGANDUNG SPOILER!
(ya iya lah!)

Pas pertama masuk, kita akan disambut oleh beberapa patung doraemon yang kira-kira tingginya 140 cm, entah itu tinggi aslinya atau bukan. Patung-patung ini menceritakan saat pertama kali Doraemon diciptakan, di mana ia ternyata berwarna kuning dan memiliki daun telinga ala kucing (inget, jangan sampe bilang Doraemon itu luak, dia bakalan marah!). Jadi ya, buat kamu yang belum pernah baca komik Doraemon jilid 11, Doraemon itu aslinya punya daun telinga tapi terus rusak gara-gara dimakan tikus. Jangan tanya saya kenapa kok Doraemon ga jadi congek. Nah, itu juga yang menyebabkan Doraemon jadi takut sama tikus. Terus, kenapa warnanya bisa biru? Jadi ceritanya pas Doraemon ketemu ama pacarnya, dia diketawain abis-abisan gara-gara ga punya daun telinga (pacarnya sadis banget). Doraemon lalu menangislah sejadi-jadinya, yang menyebabkan cat kuningnya luntur dan menyisakan warna dasarnya yang biru. Dem, tangisannya mengandung "thinner" kali ya...


Di ruangan berikutnya ada Doraemon yang sedang menaiki mesin waktu. Mungkin kesannya lagi naik mesin waktu menuju masanya Nobita. Setelah itu, barulah kita akan melihat ruangan luas yang menjadi tema dari pameran ini. Ada berpuluh-puluh (saya ga ngitung ada berapa tepatnya!) patung Doraemon yang sedang memegang peralatan-peralatan masa depan nan ajaib. Di dekat kaki setiap patung ada papan nama gadget dan penjelasannya dalam bahasa Inggris. Oiya, ada papan "please dont touch" juga sih. But who cares, I touched once or twice =P


Setelah melihat patung-patung Doraemon yang membawa gadget, ada ruangan pelaminan di mana Nobita dan Shizuka sedang melangsungkan pernikahan. Lengkap dengan kursi buat para undangannya juga lho.

Di ruangan-ruangan berikutnya terdapat beberapa scene yang diambil dari komik Doraemon. Ada scene Nobita nangis di pangkuan neneknya, ada scene di kamar Nobita, dan scene di ruang makan. Yang paling laris tentu saja scene kamar Nobita, di mana kita bisa berpose seakan baru keluar dari laci meja belajar Nobita. Oiya, di beberapa scene ada crew pameran yang akan memotret kita. Foto hasil potretannya bisa kita klaim seharga 80 ribu di booth dekat pintu keluar, lengkap dengan frame motif 100 Doraemon Secret Gadget Expo yang terbuat dari karton tipis. Cukup kebayang lah ya. Kalo saya sih udah jelas ga beli, palingan cuma minta tolong fotoin doang.



Di ruangan berikutnya, ternyata ada gadget-gadget yang memang sudah disediakan buat yang seneng foto. Saya ama adik saya jelas ga bakal melewatkannya. Ada gadget baling-baling bambu, pintu ke mana saja, lingkaran penembus, kain waktu, senter pembesar, senter pengecil, meriam angin, dan masih ada banyak gadget lain. Hampir di semua gadget kita ngambil foto narsis.




Buat yang seneng shopping atau emang udah berencana mau bawa kenang-kenangan dari pameran ini, ruangan terakhir adalah ruangan shopping! Yang dijual ada bantal, gelas, pin, gantungan kunci, magnet kulkas, boneka, figur pajangan, dan masih banyak lagi deh. Tapi karena harganya mahal-mahal, dan karena saya ga mau pulang gitu aja dengan tangan hampa, akhirnya saya milih gantungan kunci yang murah. Harganya "cuma" Rp 27.500. Sementara adik saya yang cowok beli pin Doraemon, tapi cuma buat pajangan doang. Sebenernya sih kalo kamu cewek dan ga sayang duit, beli boneka ama bantal recommended juga tuh. Saya juga pengen. Tapi sayang saya cowok dan masih sayang duit, kekekek (abis banyak pengeluaran sih lebih tepatnya)...


100 Doraemon Secret Gadget Expo
Ancol Beach City Lifestyle Mall, 28 November 2014 - 8 Maret 2015

No comments:

Post a Comment