Thursday, January 8, 2015

Makan Sop Favoritnya Pak SBY di RM Berkah (Jakarta)

SEKILAS INFO : Kunjungi blog saya yang baru di myeatandtravelstory.wordpress.com yaaa. Di sana, kulinernya diupdate terus...


Jadi ceritanya saya dapet lokasi tempat ini dari temen saya, Lingga namanya. Aneh ya, kenapa namanya ga yoni. Dia udah nikah, tapi nama suaminya juga bukan yoni. Ah, membingungkan. Oke, jadi waktu itu saya nge-post field report saya kulineran sop buntut sapi "Mang Endang" Incu Ma'Emun di Bogor. Nah, jadi karena dia liat post saya ini, dia cerita bahwa dia pernah makan sop ini yang deket ama tempat kerjanya dulu dan ngerekomendasiin tempat ini ke saya. Tapi karena lokasinya yang jauuuuuh banget dari kosan saya bagai umpan silang di lapangan sepak bola, akhirnya saya baru sempet dateng ke tempat ini sekian bulan kemudian.


Jujur ya, emang jauuuuuh! Hehehe, walau udah tau berapa jauh tapi pas dijalani lebih kerasa lagi jauhnya. Nah, nyari lokasinya pun susah-susah gampang soalnya saya ga familiar ama daerah itu. Gampangnya sih ya, kalo kamu search di Google Maps, cari aja Jalan Jeruk Purut, dan lokasi sop betawi ini TEPAT di sebelah gedung Ratu Prabu. Waktu itu saya ga tau informasi itu, maka beruntunglah kamu yang akan ke sini dan sudah membaca tulisan saya! Akibatnya, waktu itu saya sempet kesulitan nemuin tempatnya. Jadi nih, posisinya ada di tikungan jalan, di seberang masjid. Tapi, di sebelah masjid sendiri ada warung sop dan soto juga. Walau namanya Barokah, bukan BERKAH! Dih, sengaja banget buat menjerat orang yang salah dateng kan itu mah. Jadi, karena hari itu hari Sabtu pula, rumah makannya agak sepi sehingga wajarlah saya jadi ga nyadar. Pastinya orang lain juga ada yang salah dateng ke warung di sebelah masjid itu.


Oke, ternyata rumah makannya gede lho, ga kayak yang Barokah itu. Di dalemnya lega. Dan enaknya, karena itu hari Sabtu, jadinya ga terlalu rame. Kalo lagi rame mungkin kacau balaunya udah kayak di rumah makan Ampera kali. Saya disodori menu dan saya liat. Sebenernya sih saya udah ga perlu baca lama-lama, soalnya emang udah tau mau beli apa. Tapi saya pengen tau juga ada makanan apa lagi yang disediakan. Ternyata ada sampingan perkedel dan tempe. Wih, wajib nih. Oke, jadinya fix saya mesen semangkuk sup daging, perkedel, ama tempe.



Widiiiih, pas sopnya dateng nih, saya bisa liat ada 3 atau 4 daging menggenang di dalem mangkuk. Dan ukurannya gede-gede pula. Harga boleh 40 ribu tapi kalo dapetnya segitu kan mestinya ga ngerasa rugi lah yaaa. Walau tapi segitu masih rada mahal sih menurut saya, dibanding ama harga semangkuk sop kaki kambing. Tapi tetep ga bisa disamain juga sih ya. Oiya, sopnya merupakan sop berkuah bening. Papah saya pasti suka nih, kalo saya sih lebih suka yang berkuah-kuah santan. Dagingnya nih, mmmhhh, puol banget! Selain ukurannya yang gede, lembut juga lho! Jadi saya ga repot ngebelah-belahnya. Selain itu, masih ada lagi nih, selain gede dan lembut, dagingnya juga berkualitas tinggi. Dagingnya bener-bener "tenderloin" alias has dalam. Full daging semua tanpa lemak. Dimakan pake nasi hangat bercampur daging dan kuah kaldu sapi yang bening nan gurih, ditemani tempe dan perkedel, mmmmmh, ga rugi deh nahan laper dari pagi. Gimana? Penjelasan saya pasti berhasil bikin kamu ngiler kan? Hehehehe...

Oh, ada info lain. Pas saya bayar, kan saya nanya nih kenapa sepi. Jawabnya standar sih, karena itu hari Sabtu. Terus lagi bedanya, kalo hari biasa kan yang makan kebanyakan pegawai, sementara kalo hari Sabtu yang makan biasanya orang-orang yang dateng bareng ama keluarga. Terus dia masih bilang lagi, kadang-kadang pak SBY suka dateng ke sini buat makan. Apa? Kamu udah tau? Ah, kan udah saya tulis di judul post-nya ya!

Sop Betawi RM Berkah
Jalan Jeruk Purut No. 22 Jakarta Selatan (sebelah Gedung Ratu Prabu)

No comments:

Post a Comment