Monday, December 22, 2014

Kangen Gudeg? Ke Rumah Makan Yogya Aja (Jakarta)

SEKILAS INFO : Kunjungi blog saya yang baru di myeatandtravelstory.wordpress.com yaaa. Di sana, kulinernya diupdate terus...


Kalo kamu pernah ke Yogya dan suka dengan gudeg, seengganya kamu pasti pernah dateng ke tempat yang satu ini : Wijilan. Ya, di Yogya sendiri, Wijilan adalah sentra para penjual gudeg. Saaatu jalan itu dipenuhi oleh berbagai kios yang menjual gudeg. Ada gudeg yu ini lah atau gudeg bu itu. Dan puas banget makan gudeg di sana. Lah, terus gimana kalo kita lagi ga bisa ke Yogya tapi kangen makan gudeg? Naaah, di Jakarta sendiri, pastinya ada banyak tempat yang menjual gudeg. Salah satunya yang terkenal adalah di Rumah Makan Yogya yang berlokasi di daerah Tebet.


plang namanya
Suatu hari menjelang siang sebelum dateng ke Jazz Goes to Campus UI, saya menyempatkan mampir ke sini. Cuma belok dikit doang kok dari jalan utama. Pokoknya, setelah belok dari jalan utama, ga sampe 100 meter kita udah bisa ngeliat rumah makan ini di sebelah kanan jalan. Parkirannya ga luas, palingan cuma cukup 3-4 mobil. Tapi saya datang pake motor. Dan kebetulan juga belom masuk jam makan siang. Masih sepi.

salah satu sudut di rumah makan yogya
Saya masuk ke dalam, ruangannya cukup luas. Meja dan kursinya jadul. Lengkap dengan dekorasi-dekorasi yang mendukung. Suasananya jadi Yogya banget. Seorang pramuniaga menghampiri saya dan memberikan menu. Wih, menu makanannya juga Yogya banget. Ada gudeg (ya iya lah). Ada bistik. Yang ini pasti bistik khas Jawa nih. Ada tongseng juga. Ada ayam kalasan. Dan sebenernya ada menu yang pengen saya coba tapi ga mungkin karena pesen satu gudeg aja pasti udah bikin perut kenyang : mangut lele. Cukup dilematis. Saya belom pernah coba mangut lele sih. Mungkin lain kali saya ke sini lagi deh. Sekarang, saya pesen gudeg komplit ama es asem Jawa aja. Menu makanan lengkapnya bisa diliat di bawah ini. Wah, menu minuman di halaman belakangnya lupa difoto. Ma baaaad...


the menu
Karena gudeg biasanya udah ready to serve dan tinggal dipiringkan aja, saya ga perlu nunggu lama-lama. Sepiring gudeg komplit dan es asem Jawa dateng dengan cepat. Porsinya lumayan banyak nih yang porsi komplit. Pas banget, saya udah menyengaja ga sarapan.


es asem jawa

ini diaaa, gudeg komplit!
Saya menyeruput es asemnya. Mmmh, enaaak! Asemnya pas ga keaseman, manisnya pas ga kurang ga berlebih. Seger deh. Nah, kerongkongan kan udah basah nih, sekarang mari kita coba si gudegnya. Gudegnya unik nih. Ga kayak gudeg yang pernah saya makan di Wijilan atau di tempat-tempat lain, di atas gudeg dan ayamnya udah dibubuhi saus kacang. Kayak batagor aja. Tapi saya suka saus kacang. Biasanya makanan yang dikasih saus kacang itu jadi enak. Ayamnya? Lembuuut, ga susah buat merobek-robeknya. Krecek ama gudegnya apalagi. Ga kayak yang di Wijilan, cita rasa gudegnya ga terlalu manis. Ayam, gudeg, krecek, dan saus kacang, semua kombinasi ini terasa pas di lidah. Dan you know what, pasti akan lebih mantap kalo makannya ditemenin ama kerupuk, hehehe. Ga salah deh pesen yang komplit. Meniru slogan pom bensin : pasti puasss!

Rumah Makan Yogya
Jalan Tebet Barat Dalam VII No. 27 Jakarta Selatan


No comments:

Post a Comment