Tuesday, March 24, 2015

Makan Sroto di Eling-Eling Tebet (Jakarta)

SEKILAS INFO : Kunjungi blog saya yang baru di myeatandtravelstory.wordpress.com yaaa. Di sana, kulinernya diupdate terus...


Namanya sih sroto, tapi saya sangat yakin ini ga ada bedanya sama soto. Ya udah lah ya, hak orang Banyumas buat ngenamain kuliner khas mereka ini. Karena rasa kuahnya memang berbeda cukup signifikan dengan soto.


Ruangannya ga terlalu luas, palingan hanya cukup 25 hingga 30 orang. Saya ama temen saya dateng jam 7 malem. Sayang, hanya sroto ayam aja yang tersisa karena biasanya mereka juga menyediakan daging serta jeroan sapi. Emang sih mereka dalam waktu sejam lagi akan tutup. So, kalo kamu pengen nyobain soto sapinya, datanglah lebih siang. Jangan seperti kami yang datang menjelang tutup.

Karena cuma adanya tinggal sroto ayam, ya udah, tiada pilihan lain selain memesan sroto ayam. Temen saya mesen sroto ayam dan mendoan. Saya ikutan juga. Tapi saya nambah nasi putih. Saya pesen minum yang unik, asem jawa.


Kuah srotonya berwarna agak putih. Rasanya unik. Rupanya rasa yang unik itu karena kuahnya mengandung serai atau sereh. Jadi sedikit berasa kayak jamu sih, tapi ya ga terlalu lah, rasa serainya ga pekat kok. Ayamnya sendiri menggunakan ayam kampung, jumlahnya cukup banyak dan disuir-suir. Selain ayam, yang paling saya inget, srotonya mengandung banyak banget toge. Mana togenya kayaknya ga dibersihin gitu, banyak bagian yang ijo-ijonya itu lho. Saya malah sempet mengira kuahnya mengandung kacang ijo lho.


Kalo kamu pengen srotonya agak pedes, di meja udah tersedia wadah sambel kok. Tapi pas diliat, loh kok, bukan sambel sih, malah bumbu saus kacang? Ini dia yang unik. Ternyata itu bukan saus kacang biasa, melainkan sambel yang diberi saus kacang. Mirip kayak nasi uduk kan, kadang-kadang ada sambel kacangnya.


Mendoannya enak sih, tapi harganya 6 rebu. Berasa mahal ga sih? Soalnya tempenya ga terlalu tebel juga. Apakah baru jadi tipis semenjak harga tempe baru naik? Deuuuh, ga ngerti juga deh. Makan tempe mendoan ini dengan kecap dan dua buah cabe rawit yang tersedia. Mmm, ga ada duanya deh. Atau mau cobain pake si sambel kacang? Ga ada yang ngelaraaang...


Sroto Ayam IDR 22K
Nasi Putih IDR 4K
Tempe Mendoan IDR 6K
Asem Jawa Dingin IDR 16K

Sroto & Mendoan Eling-Eling
Jalan K.H Abdullah Syafe'i, Jakarta Selatan

No comments:

Post a Comment