Tuesday, March 31, 2015

Unik, Pecel Ayam Pake Tepung (Jakarta)

SEKILAS INFO : Kunjungi blog saya yang baru di myeatandtravelstory.wordpress.com yaaa. Di sana, kulinernya diupdate terus...


Sebenernya ini bukan tempat kuliner yang terkenal sih. Walau begitu, tempatnya selalu ramai dikunjungi sehingga membuat saya tetarik untuk mampir.


Seperti warung pecel lele pada umumnya, warung pecel lele ini baru mulai buka sore hari, kira-kira jam setengah 6an lah ya. Selain makan di bawah tenda, kita juga bisa makan lesehan, tapi ga ada atapnya alias beratapkan langit malam. Kalo milih duduk di sini sih, pasti misbar, alias gerimis bubar.


Ini kali kedua saya makan di sini. Pas pertama saya dateng ke sini, kira-kira jam setengah 7 lah, saya masih bisa makan tempe. Tapi pas berikutnya saya dateng, kira-kira jam 7an, masnya bilang tempenya abis. Saya yang paling males kalo lagi pengen makan pecel ayam tapi ga ada tempenya, spontan membatalkan pesanan. Mendingan saya dateng di lain hari daripada makan ga puas. Kali ini saya dateng jam setengah 7 lagi, ga mau keabisan tempe. Kali ini saya pesen lumayan banyak : ayam, usus, tempe, dan kol goreng. Nasinya ga boleh lupa, nasi uduk, biar makin gurih.


Uniknya warung ini yang bikin beda dengan warung pecel lele lainnya adalah, sebelum digoreng, baik itu ayam, lele, atau sate-satean, akan dicelupkan ke cairan tepung. Tapi cairan tepungnya sendiri ga pekat sehingga lapisannya tipis, ga sampe jadi kayak ayam KFC. Lalu, hal unik lainnya adalah cara penyajiannya. Sambelnya dialaskan di atas wadah kayu, lalu si ayam disajikan dengan ala cobek. Waktu pertama saya dateng, sambelnya mantep banget, pedes tapi sedap. Tapi pas saya sekarang dateng, malah jadi jauh berkurang pedesnya.


Waktu dulu saya dateng, saya pesennya pecel lele. Tapi udah lupa juga rasanya. Yang sekarang ini, ayamnya berasa hambar dan ga gurih. Kayaknya cairan tepungnya lupa dikasih garem apa gimana gitu. Makanya rasanya hambar kayak rasa tepung doang. Ususnya juga sama aja, hambar. Saya heran, apa si ayam dan ususnya sendiri udah dibumbui? Soalnya emang rasanya hambar banget.


Pecel Ayam, Nasi Uduk, Usus, Tempe, Kol Goreng & Es Teh Tawar : IDR 18K

Pecel Lele di Rawasari
Jalan Rawasari Selatan, sebelah kantor Pegadaian

No comments:

Post a Comment