Wednesday, April 15, 2015

Nyate Padang di Ajo Ramon Pasar Santa (Jakarta)

SEKILAS INFO : Kunjungi blog saya yang baru di myeatandtravelstory.wordpress.com yaaa. Di sana, kulinernya diupdate terus...


Saya dateng ke sini kira-kira hampir jam setengah 6 sore, Ajo Ramon udah dipadati banyak pengunjung. Tapi saya tau, segini belum ada apa-apanya. Lebih malem lagi saya dateng, bisa-bisa saya ga kebagian tempat duduk.





Tenda Ajo Ramon ini gede banget. Ada 5 meja yang berbeda-beda panjangnya, sejajar satu sama lainnya. Kira-kira seluruh meja dan kursi di sini bisa menampung 60 orang! Wow, semua itu di bawah tenda lho. Belum lagi kalo mereka "kepepet", mereka masih punya meja cadangan yang diletakkan di samping tenda, beratapkan taburan bintang langit malam hari.


Saya menghampiri si Uda yang ada di salah satu dari dua gerobak dan memesan seporsi sate. Mukanya Padang banget bo. Mukanya lebar dan garang. Tapi karakteristiknya tetep Minang, bukan Batak. Padanya saya memesan seporsi sate lidah dan usus. Di gerobak yang satu lagi, saya melihat ada stiker Trip Advisor. Wih, gaya betul, udah di-review di Trip Advisor.



Nah, kayak gitu penampakan Sate Padang Ajo Ramon. Kuahnya berwarna coklat. Nah, kalo berdasarkan informasi yang saya baca di internet, kalo kuahnya berwarna coklat berarti satenya berasal dari Padang. Inget kan? Kalo kuning dari Padang Panjang, sementara kalo merah dari Pariaman. Rasanya enak. Satenya agak-agak sedikit gosong terbakar, tapi saya suka. Ketupatnya juga lembut. Tapi seperti biasanya di sate padang, jumlahnya ga banyak. Sate usus ditandai dengan tusuknya yang pipih kayak di beberapa penjual sate kambing. Sementara yang sate lidah tusuknya biasa aja.



Kamu bisa juga minta kerupuk jangek, kerupuk kulit khas Minang, disiram kuah sate padang. Saya melihat ada pengunjung yang memberikan dua bungkus jangek pada si uda untuk disiram bumbu sate. Atau kalo ga mau ribet, olesin sendiri aja kayak saya. Lagipula, kuahnya lumayan banyak, cukup buat dimakan sama kerupuk jangek.

Sate Padang Ajo Ramon IDR 25K

Sate Padang Ajo Ramon
Halaman Parkir Pasar Santa, Jalan Cipaku No. 1, Jakarta Selatan

No comments:

Post a Comment