Friday, April 10, 2015

Bubur Ayam Gibbas : Ini Bubur Ayam atau Ayam Bubur? (Bandung)

SEKILAS INFO : Kunjungi blog saya yang baru di myeatandtravelstory.wordpress.com yaaa. Di sana, kulinernya diupdate terus...


Kalo pagi-pagi ada Bubur Ayam Mang H. Oyo, kalo malem, Bubur Gibbas-lah yang menjadi primadona pilihan keluarga saya. Lokasinya sebenernya ga terlalu jauh dari rumah di deket daerah Sarijadi, di deket RS Kebonjati. Hanya saja, karena banyaknya jalan satu arah menuju ke lokasi bubur, membuat jarak tempuhnya lebih jauh dari yang semestinya. Akan jauh lebih menguntungkan kalo kamu dateng dari arah barat atau selatan.



Bubur Ayam Gibbas ini, entah mengapa dinamai mirip seperti nama ormas itu, saya ga sempet tanya yang dagang, ga pernah sepi dari pengunjung. Seengganya setiap saya dateng, hehehe.. Seringnya saya memang dateng hari Sabtu malem. Dia emang baru buka sore hari. Terus, catet nih, hari Minggu juga mereka tutup. Katanya yang jual sih, masak tiap hari jualan. Mesti ada liburnya juga dong. Cieh juga nih mereka...

Bubur Gibbas ini menempati trotoar emperan jalan sehingga sebenernya kurang nyaman. Ga bisa deh kita berlama-lama di sini. Lagian, mesti gantian duduk juga kan sama pengunjung lain yang baru dateng dan mau makan.

Naaah, kayak gini nih penampakannya. Saya pesen bubur ayam pake ati ampela dan kulit. Ayamnya pake ayam kampung, enak banget. Dan banyaknya itu ya, ga ketulungan. Menggunung, hampir luber dari mangkoknya. Akibatnya, lumayan butuh usaha buat mengaduk ayam ama buburnya. Alternatif lain, kita bisa kok minta toppingnya ditaro di mangkok terpisah, saya pernah liat orang yang pesen kayak gitu. Kulitnya sendiri, gratis, kita ga perlu nambah bayaran. Kalo diliat di menu, harganya sama aja kayak harga bubur ayam tanpa kulit. Bubur ayam ati ampela ini dihargai 16 ribu rupiah saja.

Dan buat para cewek-cewek yang jaim atau perutnya ga terlalu gentong, jangan khawatir. Menunya sudah mengakomodasi harga setengah porsi bubur dengan menu yang sama persis dengan menu bubur satu porsi. Walau bedanya cuma 2 ribu aja sih, tapi ya daripada ga abis, mending beli setengah porsi.

Oiya, kalo kamu ingin menambah kegurihan bubur, kamu bisa juga pesen buburnya pake telor muda. Jadi, bagian kuning telur muda yang masih mentah ditambahkan ke bubur. Tapi, ada tapinya, telur mudah jumlahnya terbatas sehingga kalo kamu pengen banget makan bubur pake telur muda, datenglah lebih cepat. Yang pasti, jangan dateng di atas jam 8 malem.

Bubur Ayam Gibbas
Jalan Kebonjati (trotoar), Bandung

2 comments:

  1. Wih wiih sedaaap, kuliner terus nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, padahal judulnya "my eat and travel story" tapi ga ada artikel jalan2nya =P

      Delete